acho-lab Part II : Analysys Accounting Project

17/07/2009 at 12:34 am Tinggalkan komentar

Pada bagian ini merupakan lanjutan dari post sebelumnya. Yang blom lihat bisa di cek di sini. Oke di tulisan ini masih seperti radio. Langkah ini masih membahas tentang bagaimana analisa dikerjakan. Maklum aja untuk seorang programmer di Indonesia programmer memang harus bisa menganalisa… padahal klo di luar negeri itu masing-masing bagiannya… seharusnya gw kerja gaji gw dobel….😀.

Ya sudahlah… syukuri aja dengan apa yang kita miliki. Lanjut ah…🙂

Jenis pelaporan keuangan berikut ini dapat dikategorikan sebagai pelaporan keuangan yang terutama ditujukan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan. Meskipun demikian pihak internal juga
memerlukannya. Pelaporan keuangan ini lazim disebut dengan laporan keuangan, yang meliputi:

  1. Laporan Laba Rugi yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang hasil kegiatan operasi perusahaan (laba atau rugi) selama satu kurun waktu (periode) tertentu.
  2. Laporan Ekuitas yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang perubahan ekuitas pemilik atau modal selama kurun waktu  (periode) tertentu.
  3. Neraca yaitu laporan keuangan yang memberkan informasi tentang aset, kewajiban dan ekuitas perusahaan pada saat (tanggal) tertentu.
  4. Laporan Arus Kas yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama kurun waktu (periode) tertentu.
  5. Catatan atas Laporan Keuangan yaitu  berupa informasi baik yang  bersifat keuangan maupun non keuangan yang bertujuan untuk   memberikan penjelasan tentang kebijakan kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan, rincian pos pos laporan keuangan, penjelasan kontrak-kontrak utang perusahaan dan lain-lain.

Berikut ini adalah bagian pada sistem akuntansi :

1

dari bagian diatas telah jelas bahwa pencatatan transaksi yang dilakukan dapat dianalisa menjadi bahan acuan untuk menyiapkan sebuah laporan keuangan perusahaan. Hasil akhirnya adalah pengambilan sebuah keputusan.

berikut ini adalah siklus akuntansi :

2

Gambar diatas menunjukkan ringkasan siklus akuntansi yang dikerjakan secara manual. Siklus tersebut bermula dari bukti transaksi, dicacat dalam buku harian (buku jurnal), dipindahkan ke buku besar, kemudian diringkas  dan diakhiri dengan penyajian laporan keuangan.

Barulah kita ke stage Jurnal….. aduh ud puyeng nih….wkwkwkwkw😀.

Jurnal yang akan kita buat adalah jurnal khusus alasannya simple. klo jurnal umum agak ribet….hahahaha,googling aja sendiri. Jurnal khusus enaknya tablenya yang gampang klo di buat reportnya…

jurnal pengeluaran kas kurang lebih kaya gini… :

3

trus klo penerimaan kas nanti di buat seperti ini :

4

dari gambar di atas barulah jelas table apa yg kudu dibuat😀. Tapi dari table diatas tidak perlu dibuat karena pada kenyataannya akunting sering mengunakan jurnal umum berikut ini adalah contoh dari analisis jurnal umum.

Pembayaran gaji karyawan

Analisis atas transaksi tersebut sebagai berikut:

  1. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban gaji yang dibayar serta akun kas sebagai akibat pemabayaran beban gaji.
  2. Pengaruh transaksinya adalah akun beban gaji mengalami peningkatan karena dilakukan pembayaran dan akun kas mengalami penurunan sebagai akibat dilakukannya pembayaran.
  3. Oleh karena akun beban gaji mengalami peningkatan, maka beban gaji akan didebit sedangkan Kas akan dikredit karena mengalami penurunan sebesar jumlah yang dibayarkan.

Maka ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi ini adalah:

6Penerimaan pembayaran piutang fee dari klien

Analisis terhadap transaksi ini adalah:

  1. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Kas dan akun piutang usaha sebagai akibat pembayaran piutang oleh pihak ketiga.
  2. Pengaruh transaksinya adalah akun kas mengalami peningkatan sebagai akibat penerimaan pembayaran piutang  dan akun piutang usaha mengalami penurunan karena dilakukan pembayaran oleh pihak lain.
  3. Oleh karena akun kas mengalami peningkatan maka akun kas akan didebit dan akun piutang usaha akan dikredit karena mengalami penurunan.

Maka ayat jurnal yang dibutuhkan untuk mencatat transaksi ini adalah:

7

berikut ini keterangannya …

Sebagaimana jurnal umum, jurnal khusus ini juga terdiri dari beberapa kolom. Penjelasan untuk masing-masing kolom diberikan sebagai berikut:

  1. Kolom tanggal berisi tanggal terjadinya transaksi yang dicatat secara kronologis.
  2. Kolom keterangan berisi penjelasan bukti transaksi pengeluaran maupun penerimaan kas.
  3. Kolom Referensi digunakan untuk menandai ayat-ayat jurnal yang sudah diposting ke buku besar
  4. Kolom Debit di jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat akun yang terpengaruh oleh transaksi pengeluaran kas yang dilakukan beserta junlahnya, sementara itu kolom debit di jurnal  penerimaan kas berisi jumlah kas yang masuk dalam transaksi.
  5. Kolom Kredit dalam jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat jumlah yang dikeluarkan dalam transaksi, sedangkan kolom kredit di jurnal penerimaan kas berisi nama akun yang terpengaruh transaksi penerimaan kas beserta jumlahnya.

Contoh transaksi atau ayat2nya dalam ilmu akuntansi adalah sebagai berikut

5

nah lo… makin banyak aja.😀 makin muter kepala penulis ney…. hehehe😀.

lalu reporting yang akan dibuat akan tampak seperti ini :

8

nah lumayan kan….. nanti penulis akan terus posting lagi. kpala penulis pengen main game ney….hahahaha😀.

pada acho-lab Part III nanti akan penulis posting lagi analisa pembuatan buku besar terus neraca bla…bla…bla… sampe kelar. Progress programming lagi penulis terusin. sekarang ud kelar untuk pembuatan Authentikasi user……

Analisa ini di buat dari buku anak SMK karangan Umi Muawanah, dkk. KONSEP DASAR AKUNTANSI DAN PELAPORAN KEUANGAN JILID 1…  Tahun 2008. Hak cipta di lindungi.

Sesuai dengan apa yang penulis inginkan buku ini FOR EDUCATION ONLY….

To Be Continued……..🙂

Entry filed under: newbie. Tags: , , .

acho-lab Part I : Intro Simple Project Accounting Value MD5 pada JTextField

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gw Ney..


  • Chat With Me
  • Email Yadi Acho

  • For Education Only....

    Blog Stats

    • 5,679 hits

    %d blogger menyukai ini: