Install manual java SE & netbeans secara bersamaan di ubuntu

25/10/2009 at 5:18 pm 1 komentar

Waduh udah lemah harga jualnya ney blog. Berbulan-bulan sibuk sama diri sendiri ney penulis… Kali ini mw kembali ke selera asal barang-barang gratis pokoknya.🙂

Sebelumnya penulis pernah menyinggung distro yang biasa penulis pakai Ubuntu. Ubuntu ini penulis pelajari sewaktu numpang acak2 kantor tempat Om Frans, di Meruvian.😀. Penulis coba improve klo installasi java dan netbeans secara manual gimana caranya….biasanya ubuntu nyediain sendiri package untuk java.

ney klo pake command standar :

sudo apt-get update

sudo apt-get install sun-java6-jdk sun-java6-plugin

sudo apt-get install sun-java6-jre sun-java6-plugin
sudo update-java-alternatives -s java-6-sun

Lalu masukan baris “/usr/lib/jvm/java-6-sun” pada file /etc/jvm file.

java -version

output:

java version "1.6.0_13"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_13-b05)
Java HotSpot(TM) Client VM (build 1.6.0_13-b05, mixed mode, sharing)

Nah topik ini masih ada lanjutannya, langkah awal pastilah googling dulu cari bahan…😀. Setelah dapet bahan coba donlot aplikasi yang di butuhkan yaitu java SE dan Netbeans.. DOWNLOAD KLIK selanjutnya menyiapkan direktory yang akan kita pasang, sebenernya terserah user maunya dimana…tp alangkah bagusnya klo di manage dengan baik. ney step command manage direktori untuk instalasi.

cd /opt
sudo mkdir java
sudo chmod 777 java

maksud dari command diatas adalah diarahkan terlebih dahulu ke root lalu folder opt dan selanjutnya pembuatan folder java dan hak akses penulisan. Kenapa pada folder java di beri hak penuh??alasannya karna nanti saat kita menggunakan Netbeans dan ingin menginstall plugin dapat dengan mudah terinstall….😀

Setelah java di donlot dengan nama file jdk-6u16-nb-6_7_1-linux-ml.sh lalu pada terminal command arahkan ke file tersebut ketikan :

./jdk-6u16-nb-6_7_1-linux-ml.sh

Lalu tampilan seperti menginstal aplikasi biasa pada windust yang akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Untitled

Setelah itu arahkan deh tempat JDK dan netbeans terinstall…..

/opt/java/jdk1.6.0_16 trus klo direktori netbeans /opt/java/netbeans-6.7.1 lanjut deh tinggal naxt, next aja kelar…. Nah, tinggal sedikit step lagi

ketikan pada command :

sudo gedit /etc/profile

Lalu masukan pada file baris seperti ini diatas dari script yang sudah ada.

# Path instalasi java
export JAVA_HOME=/opt/java/jdk1.6.0_16
export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin

lalu pada command Terminal ketik:(trik copy paste -> CTRL+C pada text lalu pada command terminal CTRL+SHIFT+V untuk paste)

export JAVA_HOME=/opt/java/jdk1.6.0_16
 export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin

Lalu Output ketik :

java -version

maka muncul ini deh

java version "1.6.0_16"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_16-b01)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 14.2-b01, mixed mode)

Installer dengan sendirinya menciptakan shortcut pada Desktop Ubuntu tinggal klik 2x muncul deh….

nb

Gitu doang gampang kan….. post selanjutnya pengen j2me ney….

Entry filed under: newbie. Tags: .

Open Source untuk pendidikan belajar j2me pake server php ah….

1 Komentar Add your own

  • 1. Prasetyo  |  16/12/2009 pukul 12:14 pm

    Thanks mas atas informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gw Ney..


  • Chat With Me
  • Email Yadi Acho

  • For Education Only....

    Blog Stats

    • 5,679 hits

    %d blogger menyukai ini: