Split Your PC with Dual Operating Systems

17/01/2010 at 6:15 am Tinggalkan komentar

Kali ini penulis ingin bebagi cerita kepada rekan-rekan sekalian. Kenapa sey kita butuh dual operating system???

Why we need dual Operating Systems??

Sistem Operasi merupakan sebuah aplikasi penyangga bagi pengguna agar komputer dapat difungsikan atau digunakan dengan sangat mudah dan dimengerti oleh pengguna. Pada dasarnya komputer hanyalah sebuah mesin penghitung sebagaimana leluhurnya ENIAC yang merupakan komputer pertama dan hanya melakukan kalkulasi matematika biasa.Β  Seiring berjalannya waktu dan hingga kini film james bond yang dulu hanya dibilang fiktif kini jadi kenyataan. Hah, agak gak nyambung ney gw…. intinya begitu lah…πŸ˜€πŸ˜€

Klo penulis terangin lebih dalam lagi mengenai komputer makin gak nyambung.hihihi…. :p Ok, cukup aja ngebawelnya… Langsung aja ke manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menggunakan dual operating system. Windust kita pake karena lebih mudah dan agak lebih user friendly… Tapi dari situ sisi pendidikan sama kejahatannya lebih banyak jahatnya… Sudah berapa banyak software bajakan yang kita gunakan????.hihihihi…..πŸ˜€πŸ˜€. Okelah klo begh, begh, begh,…… Anggap aja untuk pendidikan masih ada toleransi.hihihi…

Ubuntu, Why NOT??

Pada post sebelumnya ud d jelasin yew gimana,bagaimana dan apakah ubuntu…pegel aing jelasin lg, Okelah ney penulis ajarin gimana caranya bikin dual OS supaya mulai dibiasakan untuk pakai yang original…. Penulis akan mencoba menjelaskan dari awal saat kita pertama kali menginstall sistem operasi windust ke komputer kita…..

Step By Step Splitting Your Storage with Ubuntu and Windows

Langkah pertama yang penulis lakukan adalah mengenali dengan jelas komputer anda. Tentunya mulai dari sistem BIOS-nya. Untuk setiap komputer memiliki settingan berbeda, namun tujuan dan konsepnya adalah sama…. Nah, di set telebih dahulu Booting dari komputer untuk di arahkan ke DVD/CD Rom pada boot sequence… Okay yg bgini mah ud ngerti lah….

Dibawah ini adalah gambar untuk komputer saat pertama kali diinstall aplikasi dengan harddisk yang masih perawan atau belum terjamah sama sekali.

langkah ini adalah bagian penting yang harus dilakukan agar data drive aman tidak terhapus seluruhnya karna melakukan instalasi ubuntu. Untuk itu saat mempartisi anda harus memanage dengan baik storage yang anda miliki… Seperti mengatur uang di saku anda…hihihi…gunakan seperlunya dan sebaik mungkin.

Partisi diatas hanyalah partisi simulasi. Untuk keadaan nyata yang penulis lakukan saat ini. Penulis membagi 3 partisi dari 120GB hdd yg penulis miliki. 1st partisi windust 20GB, 2nd partisi Ubuntu 20GB dan 3rd Data File 80GB… Hingga saat ini data 80GB itu aman dan baik tersimpan di Hdd penulis walaupun penulis sering install ulangπŸ˜€ :D…. Pada gambar diatas sediakan partisi untuk ubuntu Recomended dari installasi ubuntu bisa dilihat di situs resmi http://ubuntu.com.

format deh selanjutnya hdd…. Saran dari penulis untuk hasil format yang lebih bagus atau saat anda melakukan install ulang jangan menggunakan yang (QUICK) format saja dalam keadaan normal.

keadaan saat sedang melakukan formatting hdd….dan selanjutnya adalah saat peng-copy-an data yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi

Pada gambar diatas windust membutuhkan data-data file yang akan digunakan sebagai penunjang instalasi…

Pada gambar diatas windust telah memasuki fase instalasi…

Bagian selanjutnya biasa lah isilah semua formfield yang disediakan sama c windust berikut dengan pengisian serial number yang akan dipakai. Inget yaks pake yang original…. klo gak original windust saat diupdate jadi blank hitam dan di kasi pesan omelan Pake yg Genuine Dwoooooong. hihihi…..πŸ˜€. Setelah isian field dilakukan dengan benar tunggulah hingga proses instalasi windust selesai

Nah dilangkah berikutnya adalah masuk ke instalasi Ubuntu… Disinilah pemirsa harus memperhatikan dengan seksama apa yang bisa dilakukan oleh ubuntu untuk komputer anda.Β  Pada saat installasi awal ubuntu. Anda diminta untuk memilih terlebih dahulu bahasa apa yang akan anda gunakan. Penulis klo bahasa indonesia agak bingung jadi dipilih bahasa yang standar pake english.hahaha…. kampungan juga ney penulis. Bahasa sendiri aja ribet…hehe :D…

ini adalah menu awal instalasi yang di tawarkan oleh sistem operasi ubuntu… “Try Ubuntu without change to your computer” maksudnya nyobain ubuntu di komputer dengan ubuntu live CD artinya ubuntu dapat berjalan dikomputer anda tanpa harus terinstall di komputer melainkan hanya dengan memory dvd/cd-Rom saja… oje kan… “Install Ubuntu” maksudnya langsung install aja ubuntu ke dalam harddisk….. “Check disc for defects” maksudnya cd installer’a bagus kaga ney di check dulu deh….”Test Memory” maksudnya ngetest memory yang ada pada komputer… “Boot from first hard disk” maksudnya langsung sajalah boot dari harddisk…. begitchu…..πŸ™‚

lagi deh pilih bahasa yang akan dipake, klik forward untuk ke langkah selanjutnya…….

tentukan waktu tempat komputer secara waktu lokal…..

keyboard standard usa…

nah, disinila bagian penting yang harus dilakukan…. anda harus mengenal betul komputer yang anda miliki. Storage yang ada harus diperhatikan dan tentunya anda akan mengaturnya tanpa ada data yang akan terhapus. Kenali storage yang ada yang digunakan untuk windust. Pilih “Specify partitions manually (advanced)”Β  maksudnya nanti penulis akan mengatur dimana storage yang akan disediakan untuk Ubuntu…

Langkah selanjutnya penulis melakukan deletion(menghapus) partisi yang tidak digunakan oleh windust terlihat pada gambar diatas……

Selanjutnya sisihkan partisi yang ingin anda install gunakan 2/3 dari kapasitas keseluruhan drive dan diberikan value pada mount point untuk root (/) terlihat seperti gambar diatas…. root ini diberi drive agar system yang ada pada ubuntu berjalan normal…..dan juga berikas storage untuk (/home) lakukan seperti gambar diatas. Home ini adalah drive yang tanpa harus melakukan input password untuk memindahkan data. Jadi drive pada root akan stabil. Karna pada /home ini segala bug akan tersimpan disini. Pengaruhnya terhadap performance system ubuntu akan lebih baik dibandingkan anda menggabungkanya ke dalam drive root….

pada gambar diatas dilakukan untuk memberikan drive untuk swap memory atau memory pembantu dari memory internal. Fungsinya mirip dengan pagefile.sys yang ada pada windust dan membuat performance komputer jadi lebih okeh…..πŸ˜€

Kurang lebih susunan pemainnya akan terlihat seperti gambar diatas…πŸ˜€ pastikan seperti diatas agar tidak ada storage data yang hilang….

Selanjutnya adalah informasi yang akan anda input yang nantinya digunakan sebagai aplikasi login anda pertama kali masuk ke dalam system ubuntu..

Lihatlah ubuntu telah berhasil menemukan sistem yang anda miliki sebelumnya… Tapi, tidak perlu di check lewati saja. Karena nanti akan membutuhkan permision yang lebih banyak jika anda menggukan document yang ada pada windust……

Informasi yang telah di summary oleh system ubuntu…. lanjut dah klik Install….πŸ˜€

ini progres installnya… mirip sama punya windust untuk versi kermic ubuntu desktop 9.10 pada versi sebelumnya tidak seperti ini pada versi Jaunty ubuntu 9.04

pastikan proress bar mencapai 100% untuk aplikasi ubuntu telah berhasil di install……

pastikan komputer anda melakukan restart untuk selanjutnya booting menggunakan harddisk saja….. biasanya saat shutdown system meminta anda untuk mengeluarkan cd installasi….

Bingo!!!! anda telah berhasil menjadikan komputer anda memiliki dual operating system pilih “Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic” untuk menjalankan ubuntu dan untuk windowsΒ  tinggal memilih menu Micraosoft Windows XP Profesional (on /dev/sda1)

Ini adalah tampilan jendela login untuk user ubuntu…..

aplikasi kermic lebih keren tampilannya dari pada versi sebelumnya… Login deh dengan akun sebelumnya yang telah dibuat….

Selesai deh semuanya… kita telah berhasil membuatnya dengan benar….. folder yang ada pada sistem windust akan dengan mudah terbaca…. Selesai deh tutorial blog penulis untuk split dual operating system…. Cheers!!.

Entry filed under: newbie. Tags: .

Tebak angka dengan kecerdasan buatan sederhana dengan java VbScript Why Not?? Simplify Job for workstation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gw Ney..


  • Chat With Me
  • Email Yadi Acho

  • For Education Only....

    Blog Stats

    • 5,679 hits

    %d blogger menyukai ini: