Pengenalan tools analisa Tableau

04/12/2015 at 6:38 pm Tinggalkan komentar

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi informasi seputar penggunaan tools analisa. Menurut penulis hal ini cukup begitu penting jika memiliki perusahaan besar dengan BIG DATA yang sudah bertera-tera.

Penulis hanya menyampaikan kulit dari tools ini untuk mendalamnya boleh kita diskusi atau ke reseller ini aplikasi. Oke go to the point.

Tableau merupakan product tools pengolah data didalamnya terdapat analisa maupun untuk BI atau Business inteligence. Pengolahan informasi yang cepat sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan saat ini. sudah pada dasarnya dalam berbisnis dibutuhkan analisa untuk memprediksi pasar.

Seperti kata om Bill gates “Orang yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia”. bahkan Nabi Muhammad saw atau nabi-nabi yang lain telah menyampaikan informasi kepada seluruh umat. Maaf makin ngawur ney. intinya itulah Semua manusia butuh informasi. Apalagi bisnis yang saat ini semakin gila, jika kita tidak mampu memprediksi apa yang akan terjadi pada pasar. Maka akan semakin gila lah bisnis anda.

Oke, tableau digunakan untuk apa? tableau bisa digunakan sebagai pengolah data, agar informasi yang disimpulakan akan lebih informatif dan lebih berbobot atau dari informasi tersebut kita bisa mengambil keputusan yang tepat.

Capture

Lihat gambar deh, apa yang dihasilkan oleh tableau. Keren ya… tutorial ada di link ini http://www.tableau.com/learn/training

Dari gambar kita bisa simulasikan misalkan ya, sebenernya penulis pengen kasi contoh pake data riil. tapi takut menyalahi aturan perusahaan jadi cukup cakap2 bualan penulis aja yaks.

Bagaimana pemetaan itu dapat terintegrasi dengan tableau?tableau memiliki feature membaca peta melalui zipcode. Kita klo lg register di web2 amrik itu pasti ada zipcode. nah, zipcode itu jadi fields untuk analisa. klo orang2 analytic langsung nyambung ney apa yang bisa kita gunakan dengan zipcode??yep, zipcode kita gunakan untuk mengetahui populasi sebaran data.

Bahasa gampangnya saya punya toko kelontong diberbagai daerah. nah, pembeli saya, saya kasi kartu member untuk kumpulin poin pembelian di kasi diskon lah pasti mereka isi data dwnk untuk dapet kartu. Nah, toko kelontong saya punya alat canggih untuk baca chip dan terintegrasi dengan data pembelian atau detail transaksi yang dibeli pelanggan, seluruh data di struk itu saya simpan.

Dari situ akan bisa dilihat daerah-daerah dengan masing-masing kebutuhannya. Misalnya untuk daerah pedesaan dengan hasil pertanian yang bagus, dari hasil data transaksi bisa dilihat kebutuhan mereka pasti mereka tidak akan membeli beras atau produk pertanian. jadi untuk toko kelontong itu akan saya suplai dengan produk sandang yang lebih dominan. Atau mereka senang beli pakaian, saya akan kasi produk tambahan pakaian yang sesuai kebutuhan mereka. kurang lebih seperti itu cara analisanya.

Oke khan, just try lah klo penasaran. klo mw discuss juga boleh, comment aja. tp agak lama jawabnya gpp y. sibuk ane.hihihihi.

 

 

Entry filed under: newbie. Tags: , , , , .

Pengenalan SAS || Banking tools (Part I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gw Ney..


  • Chat With Me
  • Email Yadi Acho

  • For Education Only....

    Blog Stats

    • 5,679 hits

    %d blogger menyukai ini: