PHP

INTRO

Pada halaman ini gw pengen mengupas tuntas tentang PHP.  Ini gw kerjain karna permintaan sohib gw yang pengen belajar PHP.  Gw salut sama keinginan doi untuk banyak belajar.  Karena memang gw cuma programmer newbie gak ada salahnya kan klo gw jg ikutan belajar…😀.

Langsung ke topik awal…. doi minta gw harus terstruktur. Oke klo gitu gw ikutin permainannya….

Berawal dari pengenalan dasar yeee…….

Pengenalan Web Server dan  Server Side Scripting

Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.arsitekturwebserverphp

Kurang lebih ilustrasi webserver kaya gitu deh….

Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :

  1. Apache Web Server (http://www.apache.org)
  2. Internet Information Service, IIS (http://www.microsoft.com/iis)
  3. Xitami Web Server (http://www.xitami.com)
  4. Sun Java System Web Server (http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml)

Trus web server yang biasa gw pake adalah XAMPP……. klik disini klo mw donlot

Server Side Scripting

Server Side Scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman
web dimana script (program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan
SSS, memungkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.

Beberapa contoh Server Side Scripting (Programming) :
1. ASP (Active Server Page) dan ASP.NET
2. ColdFusion (http://www.macromedia.com/software/coldfusion)
3. Java Server Pages (http://java.sun.com/products/jsp/)
4. Perl (http://www.perl.org)
5. Phyton (http://www.python.org)
6. PHP (http://www.php.net)

Keistimewaan PHP

  • Cepat
  • Free
  • Mudah dipelajari
  • Multi-platform
  • Dukungan technical-support
  • Banyaknya komunitas PHP
  • Aman

Instalasi Apache Server dan PHP

Masa…. yang lebih jago dari gw kaga bisa install. …. hehehe

Oje… sekilas aja dah. Dari site yg gw kasi tw gw pake XAMPP klik aja klo mw donlot. Di situ pilih yang installer… atau yang extract zip. Klo mw mercury mail jalan dengan normal pilih yang installer.

oke lanjut…. setelah di install jalankan xampp manager.  Tampilannya kaya gini …. trus klik start pada tombol sampe keluar warna ijo…… trus ada tulisan running.

xamppmgr

oje… lanjut. Jangan sampe kaga running. Coz, eksekusi php engine-nya disitu…. klo gak running coba install ulang lagi. Klo msh gak running kemungkinan ada server lain yang berjalan di port yang sama. coba di matiin deh… Klo masih gak running juga, install ulang OS-nya. Hahahaha……..

Bis itu buka browser… ketikin aja http://localhost/

localphp

nah tampil ky gonoh… dah. yoi mulai ney jadi programmer php…. trus jangan lupa untuk cek database MySQL. Jangan khawatir. di XAMPP semua ud lengkap apache php, MySQL + phpMyadmin ude pade Bispak semua….. hehehehe…simple kan ney tampilan phpMyadmin yang nantinya digunakan untuk memanipulasi data.

phpmyadmin

oke… itu cara bukanya klik menu phpmyadmin atau ketik di browser http://localhost/phpmyadmin…. Oke deh. silahkan aja comment. Klo ada bagaian yang gak ngerti pasti gw jawab…… coz perjalanan masih panjang… gw juga butuh ilmu dasar….hehehe…

nanti klo dasarnya ud dapet…. bakal menarik klo belajar MVC pake php….. ada yang namanya Smarty, Zend framework, code igniter… dll dah sesuai ama selera. Semangat bro …….!!!

2 Komentar Add your own

  • 1. riyanto_angga  |  28/10/2009 pukul 2:13 am

    iya gan, semangat dah..

  • 2. acho  |  04/11/2009 pukul 6:00 pm

    lg gak semangat, murahanz,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: